“MENUJU SEKOLAH TANGGUH COVID 19” DESA TANJUNG GUNUNG KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • Akhiat Akhiat Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Dudella Desnani Firman Yasin Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Nurhayati Nurhayati Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Nureko Saputro Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

Keywords:

Covid-19, Sekolah

Abstract

Pandemi Corona yang melanda dunia dimulai pada awal Tahun 2020 telah melanda lebih dari 200 Negara di dunia. Diperkirakan angka penderita Virus Covid 19 akan terus bertambah di seluruh provinsi bahkan kabupaten di Indonesia. Kemampuan infeksi virus ini yang sangat cepat harus di sikapi dengan mendidik tenaga pendidik dan kependidikan untuk waspada dan mampu mencegah masuknya virus ke sekolah. Desa Tanjung Gunung dengan lokasi yang dekat dengan Ibukota Provinsi dan memungkinkan lalulalangnya penduduk ke Kota Pangkalpinang membutuhkan Program mandiri untuk mencegah masuknya Virus Covid 19. Tenaga pendidik dan kependidikan yang selama ini belum mempunyai kegiatan yang efektif diharapkan menjadi motor penggerak pencegahan Covid 19 di sekolaha dalam melaksanakan Program Waspada Covid 19 di sekolah. Kegiatan yang akan dilakukan adalah : Identifikasi masyarakat beresiko, Pendidikan kesehatan dan Evaluasi kegiatan. Setelah menyelesaikan kegiatan pengabdian, diharapkan Tim Pengabmas dapat membentuk Satgas Covid 19 di sekolah-sekolah wilayah Desa Tanjung Gunung. Pada hari pertama pengabdian dijelaskan tentang prevalensi Kasus Covid, Satgas Covid, Peran dan Fungsi satgas Covid, Pembentukan tim satgas covid di Sekolah. Sedangkan pada hari kedua dilakukan evaluasi materi, pengabdi juga melakukan pre dan post test untuk mengetahu sejauh mana pemahaman guru terhadap materi yang disampaikan. Hasil pre test didapatkan rata-rata nilai 60 dan rata-rata nilai post test terjadi peningkatan yaitu 85 dengan hasil uji statistik nilai Standar Deviasi pre test  yaitu 10,7 dan post test 8,1 dengan p value 0,004 yang didapatkan dari hasil uji T. Hasil uji statistik tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan tentang pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan rata-rata nilai yaitu 85.

References

Budi & Akemat. Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa. Jakarta: EGC; 2009.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan di 34 Provinsi di Indonesia. 2021;

Statistik BP. Statistik Indonesia. Badan Pusat Statsitik; 2014.

Jose R, Narendran M, Bindu A, Beevi N, Manju L BP V. Public 70 perception and preparedness for the pandemic COVID 19 : A Health Belief Model approach. 2020;

Ferdi K. Yudi K& A. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC; 2011.

Budi N dan PF. Model IC-CMHN Manajemen Keperawatan Psikososial dan Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa. Jakarta: FOK-HO.; 2009.

Downloads

Published

2022-12-30