PEMANFAATAN APLIKASI SIANTIK BERBASIS ANDROID TERHADAP PERUBAHAN SIKAP DAN PENGETAHUAN KADER TENTANG KESEHATAN IBU DAN ANAK

Authors

  • Neng Ayu Rosita Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Tesza Rezky Permata

Keywords:

Siantik, Pengetahuan, Sikap, KIA

Abstract

Salah satu fokus dalam pembangunan kesehatan Indonesia adalah kesehatan ibu dan anak. Salah satu strategi dalam percepatan pembangunan KIA adalah dengan pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan buku KIA sebagai alat untuk memelihara kesehatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Secara praktis, di dalam buku KIA termuat data KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) lengkap dimulai dari kehamilan hingga anak berusia 6 tahun. Selama masa pandemi Covid 19 ini berlangsung, physical distancing membuat ruang gerak ibu dan anak menjadi terbatas. Hal ini melatarbelakangi pemanfaatan aplikasi SIANTIK dalam memberikan informasi dan meningkatkan pemantauan  kesehatan ibu dan anak secara mandiri. Kegiatan penyuluhan untuk pemanfaatan aplikasi siantik telah dilaksanakan dari bulan Juni – Juli 2021 pada 24 orang kader kesehatan wilayah kerja puskesmas Kabupaten Bangka. Kegiatan dilakukan secara bertahap sehubungan dengan masih tingginya kejadian Covid-19. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan edukasi menggunakan Powerpoint, leaflet dan praktik langsung pengisian aplikasi Siantik. Setelah diberikan edukasi, pengetahuan dan sikap kader diukur menggunakan kuesioner.  Hasil analisis menunjukkan peningkatan rata-rata yang signifikan pada pengetahuan kader sebelum (mean = 19,20) dan sesudah (mean = 19,87) menggunakan aplikasi Siantik. Hal ini juga ditunjukkan pada sikap kader sebelum (mean = 34,96) dan sesudah (mean = 38,13) menggunakan aplikasi Siantik memiliki perbedaan yang signifikan (p = 0,00). Dari data tersebut dapat disimpulkan ada perubahan yang positif pada pengetahuan dan sikap setelah pemanfaatan aplikasi Siantik pada kader kesehatan.

References

Kemenkes RI. No Title. 2018;

Kualitas A, Buku P, Ibu K. Analisis Kualitas Penggunaan Buku Kesehatan Ibu Anak. KESMAS - Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2014;10(1):14–20.

Tjandrajani A, Dewanti A, Burhany AA, Widjaja JA. Keluhan Utama pada Keterlambatan Perkembangan Umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri. 2016;13(6):373.

Balitbang Kemenkes RI. Riset kesehatan dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI. 2013;2013:110–9.

Mubarak WI, Chayatin N, Rozikin S. Promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2007;30.

Azeem. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Terhadap Keikutsertaan Kelas Ibu Di Puskesmas Metro Kecamatan Metro. 2011;Vol. 4. 2:

Azwar S. Seri Psikologi, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty. 2008;

Downloads

Published

2022-12-30